2021-08-15 04:07:47 oleh : Admin

Prosedur Pelayanan Permintaan Informasi

A

 Umum

1.

 Prosedur pelayanan informasi di pengadilan terdiri dari:

a. Prosedur Biasa

b. Prosedur Khusus

2

 Prosedur Biasa Digunakan dalam Hal

a.  Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau media elektronik;

b.  Informasi yang diminta bervolume besar;

c.  Informasi yang diminta belum tersedia; atau

d. Informasi yang diminta adalah informasi yang tidak secara tegas termasuk dalam kategori informasi yang harus diumumkan atau informasi yang harus  tersedia setiap saat dan dapat diakses publik atau informasi yang secara tegas dinyatakan sebagai informasi yang rahasia sehingga harus mendapat ijin dan diputuskan oleh PPID.

3

Prosedur Khusus digunakan dalam hal permohonan diajukan secara langsung dan informasi yang diminta:

4

Alasan permohonan informasi yang dibuat Pemohon tidak dapat dijadikan alasan untuk menolak pemberian informasi.

5

Petugas Informasi wajib membantu Pemohon informasi dalam mengajukan permohonan.

6

Khusus informasi untuk mendapatkan fotokopi putusan Mahkamah Agung baru dapat diminta setelah putusan tersebut diterima oleh para pihak yang berperkara atau setelah 1 (satu) bulan sejak putusan tersebut dikirimkan oleh Mahkamah Agung ke Pengadilan Tingkat Pertama dan Banding.

B

 Prosedur Biasa 

Pelayanan informasi dengan menggunakan prosedur biasa dilakukan sesuai dengan skema alur dalam gambar berikut:

1

Pemohon mengisi Formulir Permohonan Informasi yang disediakan Pengadilandan memberikan salinannya kepada Pemohon (format Formulir Pemohonan Model A dalam Lampiran III).

2

Petugas Informasi mengisi Register Permohonan (format Register Permohonan dalam Lampiran IV).

3

Petugas Informasi langsung meneruskan formulir permohonan kepada Penanggungjawab Informasi di unit/satuan kerja terkait, apabila informasi yang diminta tidak termasuk informasi yang aksesnya membutuhkan ijin dari PPID.

4

Petugas Informasi langsung meneruskan formulir permohonan kepada PPID apabila informasi yang diminta termasuk informasi yang aksesnya membutuhkan ijin dari PPID guna dilakukan uji konsekuensi.

5

PPID melakukan uji konsekuensi berdasarkan Pasal 17 Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik terhadap permohonan yang disampaikan.

6

Dalam jangka waktu 5 (lima) hari kerja sejak menerima permohonan, PPID menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada Petugas Informasi, dalam hal permohonan ditolak (untuk menolak permohonan: format Pemberitahuan Tertulis Surat Keputusan PPID dalam Lampiran V).

7

Dalam jangka waktu 5 (lima) hari kerja sejak menerima permohonan, PPID meminta Penanggungjawab Informasi di unit/satuan kerja terkait untuk mencari dan memperkirakan biaya penggandaan dan waktu yang diperlukan untuk mengandakan informasi yang diminta dan menuliskannya dalam Pemberitahuan Tertulis PPID Model B dalam waktu selama-lamanya 3 (tiga) hari kerja serta menyerahkannya kembali kepada PPID untuk ditandatangani, dalam hal permohonan diterima (untuk memberikan ijin: format Pemberitahuan Tertulis PPID dalam Lampiran VI).

8

Petugas Informasi menyampaikan Pemberitahuan Tertulis sebagaimana dimaksud butir 6 atau butir 7 kepada Pemohon Informasi selambat-lambatnya dalam waktu 1 (satu) hari kerja sejak pemberitahuan diterima.

9

Petugas Informasi memberikan kesempatan bagi Pemohon apabila ingin melihat terlebih dahulu informasi yang diminta, sebelum memutuskan untuk menggandakan atau tidak informasi tersebut.

10

Dalam hal Pemohon memutuskan untuk memperoleh fotokopi informasi tersebut, Pemohon membayar biaya perolehan informasi kepada Petugas Informasi dan Petugas Informasi memberikan tanda terima (Format Tanda Terima Biaya Penggandaan Informasi dalam Lampiran VII).

11

Dalam hal informasi yang diminta tersedia dalam dokumen elektronik (softcopy), Petugas Informasi pada hari yang sama mengirimkan informasi tersebut ke email Pemohon atau menyimpan informasi tersebut ke alat penyimpanan dokumen elektronik yang disediakan oleh Pemohon tanpa memungut biaya.

12

Petugas Informasi menggandakan (fotokopi) informasi yang diminta dan memberikan informasi tersebut kepada Pemohon sesuai dengan waktu yang termuat dalam Pemberitahuan Tertulis atau selambat-lambatnya dalam jangkawaktu 2 (dua) hari kerja sejak Pemohon membayar biaya perolehan informasi.

13

Pengadilan dapat memperpanjang waktu sebagaimana dimaksud butir 12 selama 1 (satu) hari kerja apabila diperlukan proses pengaburan informasi dan selama 3 (tiga) hari kerja jika informasi yang diminta bervolume besar.

14

Untuk pengadilan di wilayah tertentu yang memiliki keterbatasan untuk mengakses sarana fotokopi, jangka waktu sebagaimana dimaksud dalam butir dapat diperpanjang selama paling lama 3 (tiga) hari kerja.

15

Setelah memberikan fotokopi informasi, Petugas Informasi meminta Pemohon menandatangani kolom penerimaan informasi dalam Register Permohonan.

C.   

Prosedur Khusus

Proses pelayanan informasi dengan menggunakan prosedur khusus, mengikuti skema alur dalam gambar berikut:

1

Pemohon mengisi formulir permohonan yang disediakan Pengadilan (format Formulir Pemohonan Model B dalam Lampiran VIII).

2

Petugas Informasi mengisi Register Permohonan (format Register Permohonan dalam Lampiran IV).

3

Petugas Informasi dibantu Penanggungjawab Informasi di unit/satuan kerjaterkait mencari informasi yang diminta oleh Pemohon dan memperkirakan biaya perolehan informasi dan waktu yang dibutuhkan untuk pengandaannya.

4

Apabila informasi yang diminta telah tersedia dan tidak memerlukan ijin PPID, Petugas Informasi menuliskan keterangan mengenai perkiraan biaya perolehan informasi dan waktu yang dibutuhkan untuk penggandaannya dalam formulir permohonan yang telah diisi Pemohon (format Formulir Pemohonan Model B dalam Lampiran VIII).



*. Sumber : SK KMA NOMOR 1 - 144/KMA/SK/1/2011

Berita

Judul Hits
PERINGATAN HARI JADI KABUPATEN TUBAN KE 727 TAHUN - KETUA HADIRI UPACARA PERINGATAN DI HALAMAN PEMKAB TUBAN 314
312.392 Akta Cerai Dimusnahkan 204
Pemerintah Resmikan Mal Pelayanan Publik Tuban PA Tuban ikut memberi Pelayanan 173
MA RAIH PENGHARGAAN NATIONAL PROCUREMENT AWARD 2018 DARI LKPP RI 139
Monitoring dan Evaluasi Pencegahan Perkawinan Anak bersama Tim Bakorwil Bojonegoro 139
Eksekusi perkara harta bersama di kelurahan karang Kecamatan Semanding 137
Perbaiki diri sebagai muslim memudahkan pemahaman terhadap pencanangan Zona Integritas 105
Launching Aplikasi SANTRI SIGAB dan Public Campaign 104
Memaknai 8 Nilai Utama Mahkamah Agung 103
PA Tuban Raih Peringkat Pertama Penilaian Website hasil penilaian Kinerja Triwulan III tahun 2021 untuk Pengadilan Agama Se Jawa Timur 101
Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat Kepaniteraan Pengadilan Agama Tuban 93
Atasi Antrian Sidang yang panjang Pengadilan Agama Tuban Launching Aplikasi Sindenasik 85
Kunjungan Ketua PA Tuban Ke Kementrian Agama Kabupaten Tuban 84
LAUNCHING DAN SOSIALISASI APLIKASI KERSAMADU WUJUD IMPLEMENTASI AKSI PERUBAHAN KASUBBAG PERENCANAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN PELAPORAN PENGADILAN AGAMA TUBAN SEBAGAI PESERTA DIKLAT PKA GELOMBANG II ANGKATAN VII TAHUN 2021 84
PERTAHANKAN PREDIKAT APM A EXCELLENT I KETUA UCAPKAN TERIMA KASIH KEPADA KAWAN-KAWAN PA TUBAN 80
Sidak Ketua PTA Surabaya 78
Kunjungan Tim IT Badilag ke PA Tuban 78
Serah Terima Jabatan Bupati Tuban dan Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tuban 74
PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG BAIK TINGKATKAN KUALITAS SDM 72
MENGAPA AREA I MANEJEMEN PERUBAHAN 69
Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Wakil Ketua Pengadilan Agama Tuban 68
PENGADILAN AGAMA TUBAN MENGGELAR SIDANG DILUAR GEDUNG TAHUN 2021 67
OPTIMALISASI PEMAHAMAN AREA II PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MELALUI IMPLEMENTASI SOP GUNA PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI 67
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Pengantar Alih Tugas Hakim Pengadilan Agama Tuban 67
PENGADILAN AGAMA TUBAN GELAR SIDANG ITSBAT NIKAH KERJASAMA DENGAN KEMENAG DAN DISPENDUK CAPIL TUBAN 66
Penutupan Praktek Kerja Lapangan Siswa SMK Negeri 3 Tuban 66
Sosialisasi Aplikasi Sindenasik 63
Tingkatkan Perlindungan Hak Perempuan Dan Anak Di Hadapan Hukum 61
PA TUBAN PATUT BANGGA ANALIS KEPEGAWAIAN RAIH PREDIKAT TERBAIK PERTAMA DALAM BIMTEK PENGELOLAAN KEPEGAWAAN DI LINGKUNGAN PENGADILAN TINGGI AGAMA SURABAYA. 61
Tingkatkan Pelayanan Publik untuk Menunjukkan Kualitas Pelayanan yang Prima 61
BPS Tuban melakukan Penilaian ZI 60
Pembinaan dan Pemberian Motivasi ZI menuju WBK dan WBBM 59
Peringatan HUT - RI Ke 76 59
Rukyatul Hilal di Desa Banyuurip Tuban 57
Berkomitmen pada setiap Inovasi mampu meningkatkan kualitas pelayanan 57
Sidang diluar Gedung Pengadilan Agama Tuban 56
INDAHNYA BERBAGI MELALUI ANJANGSANA KE PANTI ASUHAN TUNAS MELATI MUHAMMADIYAH 56
Pengambilan Sumpah ASN 55
PENANDATANGAN MoU MPP PEMKAB TUBAN DENGAN PENGADILAN AGAMA TUBAN DAN INSTANSI PEMBERI LAYANAN LAINNYA 55
ZONA INTEGRITAS BUKAN SEKEDAR DOKUMEN MATI TAPI KARAKTER. 55
TINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK PENGADILAN AGAMA TUBAN JALIN KERJASAMA DENGAN PT. POS INDONESIA TUBAN 55
Wisuda Purnabhakti Ketua Pengadilan Agama Tuban 55
Sita Eksekusi Pembagian Harta Waris 54
OPENING MEETING EVALUASI KINERJA DAN INTEGRITAS PENGADILAN AGAMA TUBAN OLEH BADAN PENGAWASAN MA-RI 53
Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Perencana Ahli Pertama Pengadilan Agama Tuban 53
Penyematan PIN Zona Integritas dan Penyerahan Sembako 53
TINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PENGADILAN AGAMA TUBAN TANDA TANGANI MoU DENGAN POLRES TUBAN 53
Tim Survey Balitbang Kumdil MARI 52
PELAYANAN PRIMA KPPN TUBAN DALAM PENYERAHAN DIPA KE PA TUBAN 52
TINGKATKAN KINERJA PENGADILAN AGAMA TUBAN ADAKAN DDTK APS BADILAG 52
Rapat Dinas dan Monev Kinerja Triwulan I tahun 2021 52
Penyusunan RKA-KL Pagu Indikatif DIPA 01 TA 2022 dalam rangka mewujudkan transparansi penyusunan anggaran berbasis aplikasi SAKTI Pengadilan Agama Sewilayah Hukum Pengadilan Tinggi Agama Surabaya 52
Peringatan HUT RI ke-75 Tahun 2020 51
KUPAS TUNTAS APLIKASI SISTEM PERLENGKAPAN MAHKAMAH AGUNG RI 51
Rapat Dinas dan Pembinaan PA Tuban 51
Bimtek Manajemen Pensiun PNS dan Pengembangan Karir PNS 51
Tim Hakim Tinggi Pengawas Daerah dari Pengadilan Tinggi Agama Surabaya melakukan pengawasan regular pada Pengadilan Agama Tuban 51
Live Streaming Pidato Pengarahan KMA 50
Sidak KPTA Surabaya 50
RAPAT DINAS PERDANA DENGAN FORMASI BARU 49
Pendampingan Zona Integritas oleh PTA Surabaya 49
Renungan ESQ Membangun Integritas diri menuju aparatur peradilan agama yang berkinerja tinggi 49
MONITORING DAN EVALUASI LAYANAN POSBAKUM LKBH SUNAN BONANG TUBAN 49
Lomba Inovasi 48
Exit Meeting atas Pemeriksaan Laporan Keuangan Mahkamah Agung Republik Indonesia 48
Rapat Dinas September 2021 48
PERINGATAN HUT RI Ke- 74 PENGADILAN AGAMA TUBAN 47
PENANDANTANGANAN KOMITMEN BERSAMA ZI TAHUN 2021 47
PENGADILAN AGAMA TUBAN MELAKSANAKAN APEL SENIN PAGI 47
Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Wakil Ketua PA Tuban 47
Hakim dan Karyawan PA Tuban Mengikuti Pelatihan Teknis dan Temu Wicara Virtual oleh Balitbang Kumdil Mahkaham Agung 47
PENANDATANGANAN PAKTA INTEGRITAS DAN PEMBENTUKAN TIM ZI TAHUN 2021 46
Pemeriksaan Setempat di Desa Patihan 46
Rukyatul Hilal Awal Dzulhijjah 1442 H 2021 M 46
Tingkatkan kinerja organisasi dengan berlandaskan kejujuran dan integritas sebagai penguatan Akuntabilitas 46
Pelantikan Hakim dan Pengambilan Sumpah PNS 45
RAPAT KOORDINASI KEPANITERAAN DAN KESEKRETARIATAN MENGHADAPI TAHUN ANGGARAN 2021 45
Rapat Koordinasi Bidang Kesekertariatan PA Tuban 45
Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan serta Pisah Sambut Panitera dan Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Tuban 45
Memperingati HUT MA-RI Ke-76 PA Tuban gelar kegiatan donor darah 45
Tim IT Mengikuti Focus Group Discussion oleh PT Aplikanusa Lintasarta 45
Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila 44
Penutupan Praktek Pengadilan Agama 44
RAPAT DINAS MONITORING DAN EVALUASI ZONA INTEGRITAS 44
Pengadilan Agama Tuban laksanakan Ujian Ulang untuk PPNPN 44
PENYEMATAN PIN ZONA INTEGRITAS DUA SRIKANDI CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL PENGADILAN AGAMA TUBAN 43
PA Tuban mengikuti Acara Penandatangan MOU PTA Surabaya dengan Kanwil BPN Jatim 43
Pembinaan Teknis dan Administrasi pada Empat Lingkungan Peradilan di Seluruh Indonesia 43
Upacara Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2021 43
Closing Meeting Observasi Akreditasi Penjaminan Mutu Surveillance III Pada Pengadilan Agama Tuban 43
HUT MARI ke 75 Tahun 2020 42
SEGENAP PIMPINAN DAN HAKIM IKUTI PEMBINAAN TEKNIS DAN ADMINISTRASI PERADILAN SECARA DARING 42
HADAPI DESK EVALUASI PEMBANGUNAN ZI PENGADILAN AGAMA TUBAN GELAR DOA BERSAMA 42
BIMTEK MANAJEMEN PERADILAN DAN SISTEM AKUNTABILITAS INSTANSI PEMERINTAH SAKIP TAHUN 2020 42
PISAH SAMBUT PANITERA PA. TUBAN 42
Rapat Dinas dan Monitoring dan Evaluation Triwulan I Tahun 2021 42
Upacara Hari Sumpah Pemuda 2019 41
Ketua PA. Tuban Menghadiri Pelantikan Panitera Lumajang 41
CLOSING MEETING AUDIT KINERJA DAN INTEGRITAS PENGADILAN AGAMA TUBAN OLEH BAWAS MA - RI. 41
PA Tuban mengikuti RAKERDA Pengadilan Agama Se-wilayah PTA Surabaya 41
PA Tuban melakukan Penandatanganan MOU dengan BPN Kabupaten Tuban 41
TANAMKAN PENGAWASAN MULAI DARI DIRI SENDIRI JADI AGENDA COFFEE MORNING KALI INI 41
DEKATKAN DENGAN MASYARAKAT PA TUBAN INISIASI KERJASAMA DENGAN KEMENAG DAN DUKCAPIL TUBAN. 41
Rapat Dinas dan Ekspos Hasil Pengawasan 41
MOU dengan POSBAKUM 40
PERINGATI HARI PAHLAWAN KETUA PENGADILAN AGAMA TUBAN PIMPIN UPACARA 40
KETUA LANTIK PANITERA PA. TUBAN 40
PELANTIKAN HAKIM DAN PENGANTAR ALIH TUGAS WAKIL KETUA DAN HAKIM PENGADILAN AGAMA TUBAN 40
Sosialisasi Pakaian Dinas dan Mekanisme Pelaksanaan Survey ZI menuju WBK WBBM 40
Pembinaan Teknis dan Administrasi Yudisial Secara Virtual 40
Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Panitera PN Tuban 40
Sidak Panitera Pengadilan Tinggi Agama Surabaya 39
Live Streeming Pembinaan Yustisial 39
Waspada Corona - BPBD Lakukan Penyemprotan Disinfektan 39
Pengadilan Agama Tuban mengikuti Rapat Koordinasi Ditjen Badilag Tahun 2021 39
Sosialisasi dan Bibingan Teknis Penatausahaan Keuangan Perkara secara Elektronik 39
Rapat Dinas 38
Keputusan Bersama 38
Sosialisas Sensus Kependudukan Online 38
Launching Aplikasi SIVA 37
Keberhasilan Aanmaning 37
RAPAT EVALUASI KINERJA KESEKRETARIATAN DAN KEPANITERAAN 37
Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Fungsional Pranata Keuangan APBN 37
Awali Masuk Kerja dengan Bermaafan 36
Rapat Monitoring dan Evaluasi Kepaniteraan dan Kesekretariatan 36
PENGADILAN AGAMA TUBAN WAKILI PENGADILAN AGAMA DI JAWA TIMUR IKUTI DESK EVALUASI PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS OLEH KEMENPAN RB 36
PEMBINAAN TEKNIS YUDISIAL DAN DISKUSI HUKUM SE WILAYAH KOORDINATOR BOJONEGORO 35
Sosialisasi dan Bimbingan Teknik SIPAKUA di Departemen Agama Kab Tuban 35
Inpeksi Mendadak KPTA Surabaya 34
Coffee Morning PA Tuban 34
Wisuda Hakim PA Tuban 33
Penutupan Kegiatan Orientasi dan Sosialisasi Pegawai Pengadilan Agama Tuban 33
Pemeriksaan Setempat di Desa Mrutuk Widang 29
Rapat Dinas Desember 2021 28
Implementasi Program GASPOL PA Tuban gelar Doa Bersama 23
Penandatanganan Komitmen dan Pakta Integritas Pembangunan Zona Integritas 23
Rapat Dinas Januari 2022 20
Penandatanganan Perjanjian Kerja PPNPN PA Tuban Tahun 2022 19
CANANGKAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS SELANGKAH LAGI PA. TUBAN MENUJU WBK DAN WBBM 14
KETUA PA TUBAN MENGHADIRI PELANTIKAN HAKIM PA PATI PADA HARI JUM'AT 5
Coffee Morning 2
Pemeriksaan Setempat di Desa Mergosari 1

Nilai IKM IPP dan IPK


Hubungi Kami

Info Lainnya