2021-12-30 Dipublikasikan oleh : Admin views : 178

Wisuda Purnabhakti Ketua Pengadilan Agama Tuban

Oleh : Admin

Kamis, 30 Desember 2021 bertempat di Pendopo Kabupaten Tuban dilaksanakan Wisuda Purnabhakti Ketua Pengadilan Agama Tuban, Dra. Hj. Nur Indah H. Nur S.H. Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 WIB s.d selesai dan dihadiri oleh Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, S.E, Wakil Bupati Tuban, H. Riyadi, SH., Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya Drs. H. Mohammad Yamin Awie, S.H., M.H. dan seluruh jajaran Forkompimda Kabupaten Tuban

Kegiatan dimulai dengan proses masuknya pejabat yang diwisuda didampingi Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya, diikuti oleh Wakil Ketua dan Hakim Pengadilan Agama Tuban ke podium. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung Republik Indonesia yang dilakukan oleh seluruh peserta yang hadir diikuti dengan pembacaan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia.

Selanjutnya adalah pemutaran Video Riwayat Jabatan Nur Indah selaku Ketua PA  Tuban dan pejabat yang diwisuda yang dilanjutkan dengan pembacaan kata-kata Wisuda oleh Ketua PTA Surabaya dan Penanggalan Kalung jabatan serta pengalungan rangkaian  bunga kepada Nur Indah.


Setelah Wisuda selesai, dilanjutkan dengan kegiatan perpisahan dan Launching tujuh aplikasi di Pengadilan Agama Tuban. Nur Indah memberikan sambutannya sebagai pejabat yang diwisuda. “ saya sangat berterima kasih kepada Yang Mulia KPTA beserta Ibu, serta seluruh undangan yang hadir dan khususnya kepada Mas Bupati dan Bapak Wakil Bupati dan seluruh jajarannya yang telah memfasilitasi Gedung ini lengkap dengan sarana dan prasarana”Kata Nur Indah dalam sambutannya.”

“Waktu tidak terasa berlangsung dengan cepatnya, saya sudah kurang lebih 35 tahun mengabdi di Pengadilan Agama. Terakhir sejak tahun 2016 saya ditugaskan menjadi Ketua PA Tuban, dan sejak itu pula saya bergabung dengan forkompimda dimana saya mendapat banyak ilmu yang dapat membantu kantor kami.”

“Saya mohon pamit dan saya ucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada KPTA, mas Bupati dan seluruhnya yang telah memberikan ilmu kepada kami. Saya juga meminta maaf atas segala kesalahan dan saya juga mohon do’a restu untuk kedepannya” Kata Nur Indah mengakhiri kata-kata pamitnya.

Selanjutnya adalah sambutan dari Wakil Ketua PA Tuban, Drs. Ahmad Juaeni, M.H “Kepada Ibunda Nur Indah,  saya ucapkan terima kasih yang terhingga atas kepemimpinan dan bimbingan ibu. Ibu bukan hanya sekedar top leader, tetapi juga seorang bunda bagi kami yaitu seorang guru bagi kami semua”Kata Ahmad.”Ibu dan Saya ini sama-sama hadir disaat kita belum mengenal Teknologi Informasi, tapi ditangan ibu ada banyak Inovasi berbasis IT yang akan di Launching pada hari ini”

Bupati Tuban,  Aditya Halindra Faridzky, S.E, juga memberikan sambutannya pada kesempatan kali ini. “Saya memang tidak begitu suka dengan perpisahan, kemarin saya ditinggal oleh pak dandim, sekarang ditinggal oleh Bu Indah, tapi yakinlah InsyaAllah Keluarga tidak akan pernah hilang dan karya tidak akan pernah pudar termakan oleh waktu dan jaman. Saya berharap hal ini bisa menjadi pengingat untuk generasi Bu Indah dan Pak hermanto bahwa pernah menorehkan tinta di Kabupaten Tuban.”Kata Aditya.

“Bahkan luar biasa, 35 Tahun dan luar biasa lagi Bu Indah di usia 65 tahun masih sehat walafiat. Dan Pak Hermanto semoga bisa selalu mendampingi Bu Indah sampai kapanpun”Lanjut Aditya.” Saya, mewakili seluruh jajaran pemerintah kabupaten Tuban mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya. “

“Pada hari ini akan dilaunching aplikasi yang merupukan terobosan baru dari PA Tuban yang mendekatkan langsung kepada masyarakat. Saya kemarin berpesan ke Bu Indah kalau bisa aplikasi sinkron dengan aplikasi pemerintah karena saya dan pak wagub sedang fokus untuk mengintegrasikan aplikasi yang ada di pemerintah kabupaten Tuban”

“Semoga Ibu Indah selalu diberikan Kesehatan dan segala kebaikan ibu dibalas oleh Allah SWT” kata Aditya menutup sambutannya.

Pak Yamin, selaku Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya menyampaikan bahwa “Pada pagi hari ini kita melepas yang kita sayangi Ibu Nur Indah dari tugas sebagai abdi negara yang sudah 35 tahun mengabdi pada lingkungan Mahkamah Agung Indonesia. Saya ucapkan selamat. Kenapa selamat? Karena tidak semua kita bisa berakhir Husnul Khotimah. Ibu dari start awal baik, melaksanakan tugas sebaik-baiknya dan berakhir pada tanggal 1 januari 2022 tanpa ada catatan pernah kena sanksi atau punishment.”

“Kemudian seperti di katakana oleh Pak Bupati akan ada beberapa aplikasi yang akan di launching hari ini. Seperti ini salah satunya SIVA, seperti kata Pak Bupati tadi supaya data sinkron maka ini ada hubungannya dengan Kemenag sehingga bisa dipastikan asli. Atau Santri Sigab, masyarakat diberikan kemudahan untuk melakukan antri dari rumah masing-masing. Atau ada lagi yaitu yang bekerja sama dengan  Dukcapil, memudahkan masyarakat untuk mengubah identitas usai perceraian. Ini merupakan kemudahan untuk masyarakat dan masih banyak lagi.”

“InsyaAllah apa yang telah disampaikan oleh Pak Bupati telah ditindaklanjuti oleh Ketua PA Tuban, Bu Indah, sekali lagi saya mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya dan saya ucapkan terima kasih kepada Ibu. Dan Kami masih mengharapkan sumbangsih beliau, walaupun Beliau sudah purna tugas tetapi ilmu beliau tidak akan berakhir dan tetap bermanfaat”

Kegiatan selanjutnya adalah Launching 7 Aplikasi PA Tuban yang dilakukan oleh KPTA Surabaya didampingi oleh Bupati dan Wakil Bupati Kab. Tuban, Ketua dan Wakil Ketua PA Tuban, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tuban dan Kepala PT. POS Tuban.

Adapun 7 Aplikasi yang di Launching yaitu:

1. Santri Sigap. Yaitu system antrian Sidang Online

2. SI Ela (Sistem Informasi Elektronik Layang/ Surat). Yaitu aplikasi pengelolaan Surat pada PA Tuban

3. Go Duct . Yaitu aplikasi untuk pengajuan pengiriman produk pengadilan dan pengecekan status proses pengiriman

4. KersaMadu (Kerjasama terpadu PA Tuban dan Dispendukcapil kab. Tuban). Aplikasi pengajuan perubahan biodata pasca perceraian dan pengecekan status permohonan

5. SIPAKUA. Sistem Informasi pelaporan perceraian dan Itsbat Nikah ke KUA, merupakan Kerjasama PA Tuban dengan Kemenag Kab. Tuban

6. SIVA. Sistem Informasi Validasi Akta Cerai

7. PTSP Online yaitu Pelayanan Peradilan Secara Online.




Nilai IKM IPP dan IPK


Hubungi Kami

Info Lainnya