2021-11-29 Dipublikasikan oleh : Admin views : 179

Closing Meeting Observasi Akreditasi Penjaminan Mutu Surveillance III Pada Pengadilan Agama Tuban

Oleh : Admin

Senin, 29 November 2021 bertempat di Ruang Media Center Pengadilan Agama Tuban dilaksanakan kegiatan Closing Meeting Observasi Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Surveillance III Pada Pengadilan Agama Tuban. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 15.30 WIB s.d selesai. Hadir Pada Acara tersebut yaitu Rusmin Rapi, S.T., S.H., M.H., sebagai Lead Asesor, Drs. H. Hasan  Bisri, S.H., M.H. dan Dr. H. Ahmad Zaenal Fanani, S.H.I, M.Si. Sebagai Pendamping Asesor dan Seluruh Pegawai Pengadilan Agama Tuban.

Berperan Sebagai MC yaitu Siti Sopiyah, S.Si., Terdapat beberapa rangkaian acara yang disampaikan oleh Siti Sopiyah selaku MC saat membuka Acara. Rangkaian acara pertama yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung dengan Nurlailia Isnawati, A.Md. yang bertindak sebagai dirigen. Selanjutnya adalah Pembacaan Do’a yang dipimpin oleh Drs. Muntasir, M.H.P.

Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Pengadilan Agama Tuban Dra. Hj. Nur Indah H. Nur, S.H. Beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim Asesor yang telah data ke PA Tuban. "Kami berharap, kami mampu untuk segera menindaklanjuti apabila masih ditemukan kekurangan agar kami dapat mempertahakan predikat A Excellent tahun ini ". Kata Nur Indah.

Kegiatan selanjutnya yaitu beberapa kata pengantar yang disampaikan oleh Rusmin selaku Lead Asesor. "Surveillance ke tiga ini merupakan kelanjutan dari proses sebelumnya dimana kami telah melakukan pemeriksaan dokumen dan sekarang dilanjutkan dengan observasi lokasi untuk memastikan apakah apa yang telah tercatat dalam dokumen sudah sesuai dengan aslinya, dan juga penerapan 5R 5S pada Pengadilan Agama". Kata Rusmin.


"Seperti yang dikatakan oleh Pak Dirjen, yaitu harus selalu mengingatkan ke setiap PA untuk tetap menjaga integritas atau kesungguhan PA tersebut dalam menerapkan APM"lanjutnya.


Hasan Bisri selaku Asesor pendamping yang memeriksa bagian PTSP dan berkas perkara menjelaskan hasil observasinya "Secara Keseluruhan, PTSP di PA Tuban ini sudah bagus dan sudah sangat lengkap sarana prasarana yang tersedia walaupun dengan kondisi PA yang masih terbatas", Kata Hasan.

"di PA Tuban sudah terintegrasi PTSP, Posbakum, Pos dan Bank. Tapi,  diharapkan untuk dikomunikasikan lagi dengan pihak Posbakum, bank dan Pos mengenai id card, name table, dan seragam yang digunakan serta ditingkatkan lagi penggunaan Gugatan Mandiri di PA Tuban. Setidaknya harus 10?ri jumlah perkara masuk".Lanjut Hasan.

"Untuk Berkas, saya ingatkan sekali lagi harap diperhatikan untuk BAS dan juga urutan berkas Banding harap disesuaikan dengan daftar dari PTA Surabaya", imbuhnya.

Fanani selaku Asesor Pendamping yang bertugas melakukan observasi tentang Dekorum Ruang Sidang dan Implementasi  Aplikasi Badilag kemudian menjelaskan hasil observasinya.


"Dekorum sudah baik dan sudah sesuai, hanya tinggal ditingkatkan kualitas untuk sarprasnya,  ventilasi udara untuk ruangan diperbanyak, demikian juga dengan tempat sampah", Kata Fanani.

"Petunjuk  arah pada  tangga supaya orang tidak bingung " lanjut  Fanani.

"Untuk Aplikasi Badilag saya lihat sudah berjalan dengan lancar dan baik di PA Tuban. Serta untuk Aplikasi yang merupakan Inovasi dari PA Tuban , mohon ini selalu dipantau penggunaannya, Aplikasi tidak hanya dijadikan sebagai pajangan", imbuhnya.

Rusmin mengakhiri pemaparan hasil observasi dengan menyampaikan kesimpulan  dan beberapa masukan lainnya diantaranya adalah mengenai Kontrak Kinerja dan Penunjuk Arah dari Pintu masuk.


Wakil Ketua PA Tuban, Drs. Ahmad Juaeni, M.H. memberikan tanggapan terhadap pemaparan hasil observasi selaku Ketua APM PA Tuban. "Terima kasih kepada para asesor, kami akan segera menindaklanjuti hal-hal yang masih ada kekurangannya dan tadi pagi baru juga saya ingatkan lagi saat Apel kepada seluruh pegawai untuk selalu menerapkan 5R dan 5S sesuai dengan  urutan yang tepat", kata Ahmad.

"Dan Untuk Format Bas juga akan kami lihat dan pelajari lagi serta Aplikasi juga akan kami pantau lagi penggunaan dan kecepatan respon adminnya".


Acara diakhiri dengan Foto Bersama Pegawai PA Tuban dan para Asesor. Acara berlangsung dengan tertib dan aman.

Nilai IKM IPP dan IPK


Hubungi Kami

Info Lainnya